Mengantuk dan Menguap saat Puasa?  Ini  7 Tips Mengatasinya

Ilustrasi (dok:net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Salah satu tantangan saat puasa adalah ketika harus menahan ngantuk. Nah, ada berbagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa. Tak dimungkiri bangun di dini hari membuat banyak orang akhirnya mengantuk di siang hari dan memengaruhi aktivitas mereka.

Bagaimana caranya biar tidak ngantuk di siang hari dan bisa beraktivitas normal?

Sebenarnya, rasa ngantuk dan lemas yang muncul di siang hari, terlebih saat puasa, adalah hal yang lumrah. Hal ini dikarenakan tubuh tengah 'bekerja' dengan energi yang lebih sedikit dari biasanya dan ditambah dengan pola tidur yang terganggu.

Selama bulan Ramadan, biasanya waktu tidur bakal terpangkas karena harus bangun sahur di jam-jam sepertiga malam terakhir, apalagi jika tidak dikompensasi dengan tambahan jam tidur. Tak heran kalau saat bulan Ramadhan bakal membuat kamu lebih ngantuk dari hari-hari biasanya.

 

 Kadar gula darah akan menurun ketika berpuasa sehingga membuat ngantuk terutama pada jam-jam tertentu di siang hari. Merujuk Medical News Today,gejala turunnya kadar gula darah juga biasanya diiringi perasaan lemas, gemetar, dan sulit berkonsentrasi.

Saat tak puasa, tulis cnnindonesia.com, kamu bisa minum kopi atau makan permen, tapi bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat puasa?

1. Jam tidur berkualitas

Memang sih bangun sahur bisa bikin kamu jadi lebih ngantuk di siang hari. Namun jangan menghabiskan sepanjang waktu puasa hanya untuk tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa ngantuk bukan hanya urusan lamanya jam tidur. Namun menjaga kualitas tidur juga sama pentingnya untuk menghilangkan ngantuk. Jika tidak ada kebutuhan mendesak, hindari tidur larut malam.

Tidurlah lebih cepat dari biasanya, atau tidur lepas salat Tarawih sehingga tubuh mendapat cukup istirahat dan bisa bangun sahur tanpa rasa malas dan terhindar dari ngantuk pada siang hari.

2. Mandi air dingin

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa adalah dengan mandi air dingin. Mandi bisa membuat tubuh terasa segar dan tak lagi ngantuk.

Suhu air dingin akan melancarkan sirkulasi darah dan memberi energi pada tubuh. Air dingin juga dapat mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan, sehingga sangat baik untuk mengatasi bengkak yang mungkin muncul di wajah.

3. Wudhu

Wudhu dengan air dingin agar wajah dan tubuh jadi lebih segar. Selain merupakan bagian dari ritual pembersihan diri menjelang salat, wudu juga membuat badan menjadi segar dan rileks.

Mengusap air ke wajah melalui wudu memberi sinyal perubahan suhu pada tubuh untuk lebih terjaga sehingga Anda dapat berkonsentrasi kembali pada pekerjaan.

Selain itu, membasuh air di bagian lain seperti lengan dan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mampu mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh.

4. Peregangan

Rasa lelah dan ngantuk tak cuma diakibatkan terlalu banyak bergerak, tetapi justru karena sedikit atau tidak ada gerakan sama sekali.

Ketika sudah mulai ada tanda-tanda mengantuk, cobalah beristirahat dan lakukan peregangan sederhana untuk melemaskan otot-otot Anda agar tak kaku.

5. Latihan pernapasan

Selain melakukan peregangan tubuh, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir ngantuk saat puasa adalah menerapkan cara pernapasan yang baik.

Tak cuma itu, berlatih pernapasan dapat menstabilkan tekanan darah dan detak jantung, serta mengurangi stres. Manfaat-manfaat ini berguna dalam menjaga Anda tetap fokus dan berenergi.

6. Ubah suasana meja kerja

Coba ubah sedikit suasana meja kerja Anda agar pikiran tetap tajam dan fokus.

Bisa dengan menata peralatan kerja supaya lebih rapi, menambah foto-foto liburan bersama orang tersayang, atau sekadar mengubah tampilan desktop dengan tema pemandangan atau pepohonan hijau agar mata lebih rileks dan terhindar dari stres.

7. Nyalakan lampu

Suasana yang remang memberikan efek menenangkan, sementara cahaya dapat membuat tubuh kita lebih sadar dan waspada, merujuk Sleep Advisor.

Coba tambahkan sumber cahaya, bisa dengan membuka semua korden atau menambah cahaya lampu agar meningkatkan semangat dan memicu kewaspadaan Anda.

Cahaya terang dapat memberi sinyal kepada tubuh bahwa ini bukan saatnya untuk bersantai-santai atau 'rebahan' saja selama berpuasa.

Itulah beberapa cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang bisa kamu coba agar tetap segar beraktivitas seharian.***